Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri Vokasi di Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, dan Karimun.

Penulis: Widityas
Editor: Ami Heppy
Tribun Batam
Politeknik Negeri Batam 

TRIBUNBATAMWIKI.COM, BATAM - Ada banyak pilihan jenis pendidikan tinggi yang bisa dipilih selepas menamatkan sekolah menengah.

Salah satunya adalah perguruan tinggi pendidikan vokasi.

Pendidikan vokasi menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1 (S1).

Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi atau gelar ahli madya.

Satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Vokasi di Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, dan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau adalah Politeknik Negeri Batam atau disebut juga Polibatam.

Selain terletak di salah satu kawasan pusat pertumbuhan ekonomi nasional, Polibatam terletak di wilayah terdepan dan terluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan internasional.

Gedung perkuliahan Polibatam dibangun di atas lahan seluas 12,5 Ha di pusat Kota Batam, Batam Center.

Gedung utamanya menjadi pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik.

Fasilitas di gedung ini meliputi 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum seperti masjid, kantin, dan auditorium yang cukup luas dengan daya tampung sekitar 1000 orang.

Sejarah

Melansir situs resmi Polibatam, pada awalnya, Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau.

Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah diraih selama satu dasawarsa, pada tanggal 18 Oktober 2010, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam.

Dengan demikian mulai tahun akademik 2011/2012, status mahasiswa dan lulusan Polibatam adalah mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Pemerintah.

Linimasa

- Tahun 2000, Politeknik Negeri Batam didirikan dengan Akta Pendirian Notaris Soehendro Gautama, SH, tanggal 30 Mei 2000 No. 115.

Gedung pertamanya masih di Gedung Tongkang Pertamina di Batu Ampar.

- Tahun 2001, peresmian dan penandatanganan prasasti Politeknik Batam oleh Mendiknas Dr. Yahya Muhaimin.

- Pada tahun 2003, baru dimulai pendirian gedung Politeknik Batam di Batam Center.

Pada acara peletakan batu pertama pendirian gedung Polibatam dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Prof. Malik Fajar.

Wisuda angkatan pertama Polibatam juga pada tahun 2003.

Ikuti kami di
KOMENTAR
88 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved