Parakerja, Platform Pendidikan untuk Disabilitas Buatan Anak Muda Batam

Parakerja adalah platform pendidikan untuk penyandang disabilitas yang dibuat oleh anak muda asal Batam

Parakerja, Platform Pendidikan untuk Disabilitas Buatan Anak Muda Batam
Tribunbatam.id/istimewa
Parakerja 

TRIBUBATAMWIKI - Penyandang disabilitas kerap kali tidak mendapatkan kesetaraan, terutama dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan.

Padahal, sebetulnya, penyandang disabilitas memiliki kemampuan yang tak kalah dengan non disabilitas.

Hal ini lah yang mendasari terciptanya Parakerjastartup berupa platform pendidikan bagi para penyandang disabilitas.

Platform ini merupakan inisiasi dari Rezki Achyana, pemuda asal Padang yang telah lama menetap di Batam.

Resmi diluncurkan sejak Desember 2019 lalu, Parakerja berisi berbagai modul pendidikan yang bisa dipelajari oleh para penyandang disabilitas.

"Parakerja adalah startup, dimana kita  memberikan peningkatan kapasitas untuk penyandang disabilitas, kapasitas dan kompetensi untuk mereka" terang Rezki saat ditemui di salah satu coworking space di kawasan Batam Center.

Ia menambahkan, Parakerja bukan hanya sebuah platform yang ditujukan agar para penyandang disabilitas bisa mendapatkan pekerjaan, namun lebih kepada bagaimana membekali para penyandang disabilitas dengan pendidikan dan edukasi yang bisa menjadi bekal untuk terjun ke dunia kerja.

Menurutnya, para penyandang disabilitas memiliki hak dan kemampuan yang tak kalah kompeten dengan pekerja non disabilitas.

Sayangnya, kebanyakan perusahaan sebagai pihak yang menerima pekerja cenderung lebih memilih karyawan non disabilitas dibanding memberi kesempatan pada penyandang disabilitas yang terlihat memiliki kekurangan.

Dari sinilah, Parakerja dibuat tidak hanya untuk membekali para penyandang disabilitas, namun juga mempersiapkan perusahaan sebagai tempat yang akan menerima penyandang disabilitas sebagai karyawan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Widityas
Editor: Ami Heppy
Sumber: Tribun Batam
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved